Eksplorasi Desain Kualitas Ruang pada Perpustakaan Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca pada Siswa

by

Fery Mulya Pratama

Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik Matematika dan IPA, Universitas Indraprasta PGRI .
Korespondensi: pratama.ars@gmail.com

https://doi.org/10.32315/ti.6.d079

 Abstrak

Indonesia berada di posisi hampir terbawah dalam kategori minat membaca. Hal ini tentu mempengaruhi kualitas pendidikan yang ada di bangsa kita ini. Setelah ditilik lebih dalam bukan hanya persoalan minat, tapi kualitas fasilitas untuk kegiatan membaca ini pun memang belum memadai bahkan di instansi pendidikan sekalipun. Ruang perpustakaan sekolah dasar tak ayal hanya menjadi tempat penyimpanan buku, tak sama sekali menarik untuk dikunjungi untuk anak seusia 6-12 tahun. Dengan melihat secara detail apa yang dibutuhkan oleh pengguna ruang perpustakaan ini dan mencoba melakukan pendekatan dengan teori perilaku penulis sekaligus arsitek mencoba menyelesaikan permasalahan ini. Arsitektur dapat mempengaruhi perilaku manusia, dan begitupun perilaku manusia dapat mempengaruhi bagaimana produk arsitektur terbangun. Kualitas ruang baru dari perpustakaan ini diharapkan dapat mengundang siswa untuk mengunjungi perpustakaan ini serta meningkatkan minat baca dan dapat menunjang kegiatan belajar mengajar.

Kata-kunci : perpustakaan, Kualitas ruang, perilaku, minat baca

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 6, D 079-084
Download PDF