Efisiensi Ruang melalui Optimalisasi Tata Letak Bangunan

by

La Ode Amrul Hasan(1), I Made Krisna Adhi Dharma(2)

(1) Perencanaan dan Pengembangan Wilayah, Program Studi S1 Arsitektur, Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Halu Oleo.
(2) Urban Planner, Perencanaan Kawasan dan Perkotaan, Program Studi S1 Arsitektur, Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Halu Oleo.

Abstrak

Keberadaan Kampus Baru Universitas Halu Oleo (UHO) di kawasan pengembangan pusat pemer-intahan membuat Kampus baru UHO menjadikan kawasan tersebut kian tumbuh dan berkembang hal ini ditunjukan dengan bertambahnya jumlah calon mahasiswa dan fasilitas bangunan pendidikan dari tahun ke tahun. Bertambahnya jumlah mahasiswa tanpa diimbangi perencanaan dalam pengembangan fasilitas bangunan pendidikan tumbuh dan berkembang hanya mengikuti keter-sediaan lahan saja sehingga mengancam mengancam ketersediaan lahan khususnya ketersediaan ruang terbuka dan dapat berdampak pula pada terganggunya penataan elemen yang terkait seperti sirkulasi kendaraan, utilitas bangunan, sistem drainase dan mekanikal elektrikal. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitiatif melalui survey dan telaah data terkait penggunaan lahan untuk bangunan. Selain itu pengamatan juga dilakukan terhadap aspek lain yang terpengaruh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi perletakan bangunan yang ada saat ini tidak tertata dengan baik sehingga berpengaruh pada elemen lainnya, pengaruh yang sangat besar dirasakan yakni pada efisiensi penggunaan lahan khsuusnya ruang terbuka hijau.

Kata-kunci : efisiensil, kampus baru, optimalisasi, tata letak bangunan

Halaman E 017-024
Download PDF :
IPLBI2016-E-017-024-Efisiensi Ruang Melalui Optimalisasi Tata Letak Bangunan