Efisiensi Energi Pada Rumah Produktif

by

Pratiwi Mushar1, Shirly Wunas2

1 Lab. bahan, struktur dan kontruksi bangunan/Arsitektur/Struktur dan konstruksi /Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin.
2 Lab. Perumahan dan Permukiman/Perencanaan Wilayah dan Kota/Permukiman/Depratemen Perencanaan Wilayah dan Kota,Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin.
Korespondensi: tiwiarch19@gmail.com/shirly_wunas@yahoo.co.id

https://doi.org/10.32315/ti.7.f079

Abstrak

Rumah produktif adalah usaha berbasis rumah tangga.  Hunian dan usaha yang berkembang dalam rumah penduduk salah satu strategi pemerintah Indonesia dalam  menunjang pertumbuhan ekonomi penghuninya, membangun sosial budayanya untuk mencapai permukiman yang humanis dan berkelanjutan. Permasalahan dominan perumahan produktif terdapat pada permukiman padat  penduduk/ penghuni  berpenghasilan rendah. Tujuan penelitian ini menyusun konsep rumah produktif hemat energi, didahului dengan menganalisis perbedaan konsumsi energi dari ragam perumahan produktif yang terletak dalam permukiman padat wilayah pesisir. Data berasal dari pengukuran dan pengamatan langsung, analisis pendekatan berkelanjutan dapat membantu penduduk menghuni rumah sehat, kegiatan usaha dalam rumah dengan efisiensi energi. Hasill penelitian menjelaskan usaha ekonomi yang dilakukan dalam rumah umumnya manual, tanpa tambahan energi untuk produksi (menenun kain, mengikat benih rumput laut, membuat masakan) dilakukan dalam kolong rumah panggung terbuka, tanpa membutuhkan tambahan konsumsi energi (pencahayaan dan penghawaan buatan). Seiring peningkatan usahanya, konsumsi  energi meningkat apabila penghuni membangun dinding kolong rumah.

Kata-kunci : efisiensi energi, kepdatan penduduk, rumah produktif

Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 7, F 079-086
Download PDF