Aplikasi Value Engineering pada Pekerjaan Struktur Atap Gedung Kuliah Fakultas Perikanan Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat

by

Kustamar, Enggal Chairyadi Mulyono, Tiong Iskandar

Teknik Sipil Manajamen Konstruksi, Pasca Sarjana Magister Teknik, Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Nasional Malang.

Abstrak

Sarana dan Prasarana dalam dunia pendidikan sangatlah penting, hal ini untuk menunjang dalam proses mengajar. Tak lain halnya Universitas Mataram yang menginginkan tambahan sarana gedung guna memperlancar proses pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut Universitas Mataram membangun sebuah gedung Kuliah Bersama Tahap II yang terletak di kampus Universitas Mataram. Proyek Pembangunan Gedung Kuliah Fakultas Perikanan Universitas Mataram mempunyai kecen-derungan over design pada pekerjaan struktur. struktur atap datar berfungsi tunggal, Sehingga peniliti ingin memperoleh besar penghematan biaya dan melaraskan bentuk atap gedung baru dengan gedung kuliah lama. Diperlukan konsep perhitungan yang benar. Salah satu teknik peme-cahan yang diperlukan untuk memperoleh hasil efisien adalah dengan metode Rekayasa Nilai (Value Engineering), dengan empat tahap job plan : tahap informasi, tahap spekulasi, tahap analisa, dan tahap proposal. Dalam analisis, dilakukan Value Engineering terhadap pekerjaan struktur atap. Biaya awal pekerjaan atap Rp. 1.371.652.164,33, biaya setelah di value engineering Rp. 804.199.500,00, didapat penghematan sebesar 41,37 %.

Kata-kunci : efektif, efisien, penghematan biaya

Halaman H 043-048
Download PDF :
IPLBI2016-H-043-048-Aplikasi Value Engineering Pada Pekerjaan Struktur Atap Gedung Kuliah