Analisis Kualitas Faktual sebagai Salah Satu Alat Evaluasi Penentu Kualitas Ruang Terbuka Publik di Kota Bandung

by

Hari Hajaruddin Siregar

Mahasiswa Magister Rancang Kota, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Institut Teknologi Bandung (ITB).

Abstrak

Analisis kualitas faktual merupakan sebuah alat yang dapat digunakan dalam menentukan kualitas suatu kawasan lingkungan terbangun maupun lingkungan alami. Dalam sebuah kasus lingkungan binaan, analisis ini dapat menjadi sebuah tolak ukur atau bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan terhadap sebuah rancangan. Analisis ini dapat dilakukan diawal sebelum implementasi rancangan desain suatu lingkungan binaan atau bahkan diakhir setelah suatu desain lingkungan terbangun telah selesai dan digunakan. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan lebih rinci terkait dengan fungsi analisis ini sebagai suatu alat evaluasi terhadap sebuah rancangan lingkungan binaan serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh analisis ini jika nantinya dipilih untuk digunakan sebagai suatu alat evaluasi. Metode penulisan yang dilakukan dalam penelitian ini dibuat berdasarkan kajian-kajian literatur yang berkaitan dengan tema sejenis, yakni ruang terbuka publik. Diharapkan hasil penelitian ini nantinya dapat memberi tambahan pengetahuan terkait dengan jenis analisis kualitas faktual sebagai salah satu alat evaluasi suatu kualitas lingkungan binaan, khususnya ruang terbuka publik di perkotaan.

Kata-kunci : analisis kualitas faktual, kota, lingkungan binaan, ruang terbuka, taman

Halaman E 005-010
Download PDF :
IPLBI2016-E-005-010-Analisis Kualitas Faktual Sebagai Salah Satu Alat Evaluasi Penentu Kualitas Ruang Terbuka Publik di Kota Bandung